Jumat, 25 Juni 2010

Tutorial Bikin Wallpaper Fullscreen di E71

Ane bikin trit ini juga di Forum Handphone,tapi sengaja ane bawa ke lounge karena lebih banyak yang baca,dan sapa tau berguna.

Kelemahan Nokia sejak jaman penjajahan dulu ampe sekarang antara lain masalah wallpaper yang ga bisa fullscreen,terutama ini pada s60 ampe s60v3..

Ini trit pertama ane,dan ane pengen share cara bikin wallpaper di E71 bisa fullscreen dan ga kepotong bagian atas dan bawahnya (sapa tau ada yang mo masang poto pacar,kaya ane)

Tadi malem ane browsing2 akhirnya dapet cara mengatasi masalah itu dan ane pingin share. Walopun mungkin udah banyak yang tau tp ga sedikit juga yang belum tau. Siapa tau trit ane ini berguna. Langsung aja kita mulai.

1. Bikin Certificate dan Key Hape
Certificate dan Key ini berguna untuk menandai (Signing) aplikasi yang akan kita pake nanti. Kalau ga kita signing,aplikasi ini ga bisa dipake di hape kita. Certificate dan key pada tiap hape berbeda,walopun dari tipe hape yang sama.

Cara dapet certificate and key antara lain dari website ini: http://cer.opda.cn/en/index.php?modu...cate&action=my

Untuk mengetahui IMEI kita, tekan *#06#
Daftar account kita,trus ntar kita dikirimin email kofirmasi (email ini masuk di folder spam),ikuti langkah2 di web itu, tunggu sekitar 24-48 jam an,trus donlot certificate dan key.
Banyak cara lain untuk dapet certificate dan key. Dulu ane cuma 3 jam,tp bukan dari website ini,tapi ane lupa websitenya.Bisa juga request di forum2.
Inget,certificate dan key ini ga cuma dipake buat aplikasi ini,tapi bisa dipake untuk signing aplikasi2 lain. Jadi harus disimpen baek,kaya ijazah sekolahan.

2. Download File2 Yang Dibutuhkan
Ane dah zip semua file yang dibutuhkan dalam satu folder.
Ini linknya : http://www.mediafire.com/?mknk4t1xztc
Di dalemnya berisi file: Free FSWP 1.01; Pot Sign Tools; Solace dan Solace Light theme.

3. Signing FSWP
Nah setelah didonlot,dan diekstrak mari kita mulai bekerja. Buka Pot Sign Tools. Aplikasi ini gunanya untuk signing aplikasi dengan menggunakan certificate dan key kita.
Caranya:
Tarik (drag) file FSWP unsigned ke kolom di sebelah kanan di aplikasi Pot Sign Tools.
Trus klik tulisan cer dan cari lokasi kita save certificate yang tadi kita bikin online.
Hal yang sama dilakukan buat Key.
Trus klik "Sign Sis Files"
Dan kita dapet file FSWP yang signed (file yang barusan kita signed akan muncul di folder yang sama dengan yang unsigned).

4. Install Aplikasi
Sekarang pastikan settingan berikut di hape anda:

Masuk ke Menu >> Installation >> App.Mgr >> Option >> Setting >> Software Installation (All) dan Online Certificate Check (off)

Kirim file2 : FSWP yang sudah di signed, Solace theme, dan Solace Light theme ke hape dan Install semua.

Setelah semua terinstall,masuk ke Installation >> Masuk ke FSWP dan setting hal2 berikut:
Wallpaper = pilih gambar yang akan kita pake buat wallpaper
Fullscreen Wallpaper = Enabled
Auto Start on Boot = Enabled
Show Wallpaper On = Idle (ini penting,jangan pilih all,soalnya kalau all ntar gambar background menu brubah juga,mungkin berguna buat yang narsis.hehehe)
Fix NavPane Display = Enabled
Auto Apply on Theme Change = Enabled

Dan jangan lupa gunakan Theme Solace atau Light Solace.
Karena 2 theme ini diketahui punya transparency di top bar di homescreen. Bisa dicoba pake theme lain dan hasilnya bagian atas akan tetap kepotong. Kalau pake 2 theme ini hasilnya sempurna,dan theme ini sendiri elegan banget. Maklum bikinan tehkseven pasti keren.

Kalau langkah2 di atas dah di jalanin sekarang saatnya ke homescreen,dan liet hasilnya.

Langkah2 ini bisa dipakai juga di Nokia selain E71 dan E63. Tapi blum ane coba. hape ane E71 soalnya. Tapi yang jelas harus FP1,kalo FP2 ga bisa.

Tutorial ini ga mungkin repost,karena ane sendiri yang nyusun.

Ini screenshot nya fullscreen wallpaper:

Before:


After:


Kalau suka dan tutorial ini bermanfaat ditunggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar